Facebook Janji Berantas Hoax di Indonesia

Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Rudiantara sudah berjumpa dengan perwakilan Facebook dari tim global di kantor Kemkominfo, Selasa (14/2/2017). Dalam pertemuan itu, Facebook berjanji untuk selekasnya menangani hadirnya content negatif di Indonesia.

Ditulis dari laman Tekno Liputan6. com di konferensi pers selesai pertemuan, Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Facebook bersedia untuk menangani content negatif yang berbentuk membahayakan negara ataupun perorangan dengan lebih cepat.

” Content yang beresiko untuk negara serta orang ini salah nya ialah content yang tidak mematuhi undang-undang serta membahayakan keselamatan seorang, termasuk juga ujaran kebencian. Facebook berjanji bakal mengatasi (take down) lebih cepat, ” kata Semuel.

Untuk content yang berbentuk tidak mematuhi undang-undang, pihak Kemkominfo serta Facebook bakal lakukan pengkajian (review) selanjutnya pada content itu.

” Bila content yang tidak mematuhi UU, kelak kami bakal kerja sama juga dengan mereka untuk di-take down (content di turunkan). Kami miliki jaringan yang erat dengan tim review Facebook. Mereka miliki orang yang memahami dengan ketentuan di Indonesia, ” katanya.

Sesungguhnya, pemerintah mengharapkan supaya sistem take down dikerjakan sesudah Kominfo lakukan review. Tetapi Facebook mempunyai kebijakan sendiri, yaitu Kemkominfo menyampaikan bebrapa content negatif, lalu Facebook yang bakal turunkan content itu.

Selanjutnya, Sammy mengharapkan supaya hal semacam itu bisa selekasnya terealisasi. ” Lantaran bila mereka dapat merespon negara lain dengan cepat, Indonesia harus juga lebih cepat. Indonesia yaitu satu diantara pemakai paling besar Facebook, jumlahnya sampai saat ini 96 juta di Indonesia, ” ungkap Semuel.

Dalam pertemuan itu, tim Facebook diwakili oleh Global Head of Kontent Policy Facebook Monica Bickert, Head of Public Policy Facebook Southeast Asia Alvin Tan, serta tiga staff lain dari divisi Media Partnership, Communications, serta Kontent.

Baca Juga Tentang Harga Semua Produk diĀ  : Temukan.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*