Penemuan Terbaru, Bakteri Bisa Hasilkan Listrik ?

Beragam hal telah ditempuh beberapa ilmuwan untuk mencari daya alternatif. Beberapa waktu terakhir, beberapa ilmuwan sedikit memperoleh titik jelas atas penelitiannya pada bakteri.

Ditulis dari The Verge, bakteri dapat direkayasa untuk menghasilkan arus listrik. Pasti bila timbulnya dari bakteri, arus listrik itu takkan besar. Tetapi ilmuwan menyebutkan kalau hal itu dapat dipakai untuk bersihkan air dalam sistem pengelolaan air limbah.

Dari studi yang dipublikasikan di jurnal Chem, sebagian bakteri dapat menimbulkan arus listrik dengan cara alami, karenanya yaitu sisi dari metabolisme mereka. Hal semacam ini nampak dari protein spesial yang ada pada membran sel mereka, dimana hal semacam ini dipakai untuk menyesuaikan untuk hidup di lingkungan yang berlebihan.

Untuk memakai arus listrik alami itu, beberapa ilmuwan berusaha untuk merekayasa molekul yang dapat disematkan dalam bakteri. Molekul rekayasa ini bernama DFSO+ yang memiliki kandungan atom metal. Setelah itu, molekul ini dimasukkan kedalam bakteri yang bernama Shewanella oneidensis.

Molekul sintetis ini bakal masuk kedalam membran sel serta mulai berhubungan dengan bakteria itu untuk menghasilkan arus listrik dengan memakai atom metal itu.

Percobaan ini sudah berasil di sebagian bakteri S. oneidendis. Bakteri itu terima mineral logam serta elektroda untuk dapat membuahkan listrik. Tetapi lantaran mereka umum hidup di daerah tanpa ada oksigen, aplikasi mereka pada produksi listrik alami nyatanya lebih terbatas.

Dengan adanya ini, beberapa ilmuwan cukup optimis untuk dapat bikin beragam jenis bakteri yang dapat membuahkan listrik yang berguna di hari esok. Hal semacam ini adalah langkah awal, dimana pengembangannya masihlah cuma dapat untuk bersihkan air limbah pabrik dimana bakteri itu hidup.

Cara ini juga lebih murah daripada beragam daya alternatif lain. Oleh karenanya kesempatan untuk jadikan hal semacam ini tehnologi listrik yang efisien di hari esok masihlah terbuka lebar.

Baca Juga Tentang Harga  : Elektronik Rumah Tangga

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*