Perbandingan Xiaomi Redmi 1S dengan Smartphone Lainnya

Smartphone terbaru dari negeri tiongkok memang belakangan ini sangat menyita perhatian para penggila gadget di tanah air. Sebut saja salah satunya Xiaomi Redmi 1S yang dibanderol dengan 1,5 juta rupiah.


Namun demikian, bukan berarti seng tidak ada lawan. Banyak smartphone dengan harga yang sama juga dilengkapi dengan teknologi yang serupa bahkan melebihi. Berikut beberapa smartphone yang bisa jadi saingannya si Redmi 1S seperti yang saya kutip dari Detikinet.



1. Moto G
Memiliki spesifikasi yang sama dengan Redmi 1S, dimana layar memiliki bentang 4,5 inch dengan resolusi HD (1280×720 pixel). Dalam hal ini Motorola mempercayakan baterai 2350 mAh sebagai dayanya.


Redmi 1S memiliki keunggulan dimana memiliki kecepatan proseso 1,6 GHz dan layar yang lebih luas sekitar 4,7 inch. Dari sektor harga juga Redmi 1S lebih murah, karena Moto G dibanderol dengan harga Rp. 1,95 juta.


Dari segi dukungan dari Google maka Moto G lebih cepat dapat Update dari Google dibandingkan Redmi 1S, karena pengguna Xiaomi harus menunggu versi MIUI terbaru untuk mendapat update dengan waktu yang lama.



2. Asus Zenfone 5
Zenfone 5 mengandalkan chip yang berbeda namun masih sekelas. Dimana ponsel Asus ini dibekali dengan prosesor dual core Intel CloverTrail+ berkecepatan 1,6 GHz. Untuk besaran RAM juga Zenfone 5 lebih unggul karena memiliki RAM sebesar 2 GB.


Untuk kamera dua smartphone ini sama-sama memiliki kualitas 8 megapiksel, juga sama-sama menawarkan memori internal 8 GB dan 16 GB. Dari segi bentang layar yang dimiliki, Zenfone 5 lebih besar dari Redmi 1S, dimana Zenfone 5 memiliki bentang layar 5 inch.


Namun dari segi harga konsumen sedikit menguras kocek lebih dalam karena Zenfone 5 dijual dengan harga 2,2 juta rupiah.



3. Nexus 4
Untuk Nexus 4 dikategorikan untuk pengguna kelas menengah. Akan tetapi secara kinerja smartphone ini sekelas dengan Redmi 1S. Karena Nexus 4 masih menggunakan prosesor Snapdragon S4 yang sudah jauh tertinggal.


Antara Redmi 1S dan Nexus 4, mereka sama-sama memiliki kamera 8 megapiksel dan juga menawarkan pilihan memori internal 8 GB dan 16 GB.


Dari segi dukungan Google sudah barang tentu Redmi 1S dikalahkan oleh Nexus 4, karena Nexus 4 adalah selalu menjadi yang pertama untuk dapat update dari Google. Dan juga RAM yang dimiliki Nexus 4 juga lebih besar dari Redmi 1S, karena memiliki besaran RAM 2 GB.


Dalam soal harga, lagi Redmi 1S lebih murah dibandingkan Nexus 4. Di pasaran untuk harga seken saja masih dijual sekitar Rp. 2,5 juta. Banyak konsumen mending memilih Nexus 4 daripada Redmi 1S.



4. Oppo Find 5 Mini
Untuk prosesor, Oppo Find 5 Mini memiliki prosesor yang sama dengan Nexus 4 yakni Snapdragon S4 Pro. Masih tergolong prosesor jadul sih.


Karena Oppo diperuntukkan bagi kelas menengah-atas, maka RAM-nya cukup mumpuni dengan ukuran 2 GB, begitu juga dengan memori internal yang lebih besar yakni 16 GB dan 32 GB. Lebih besar memang yang dimiliki oleh Redmi 1S.


Dari segi kamera juga Oppo Find 5 Mini dibekali dengan kamera dengan kemampuan 13 megapiksel yang dibekali dengan sensor Owl. Ditambah lagi dengan bentang layar 5 inch dan menawarkan resolusi FHD (1920x1080piksel).


Jika dibandingkan dengan Redmi 1S, spesifikasi Oppo Find 5 Mini jauh diatasnya. Namun dari segi performa, Redmi 1S dapat imbang berkat prosesor Snapdragon 400 yang dimilikinya. Dan untuk mendapatkan Oppo Find 5 Mini anda akan merogoh kocek lebih dalam lagi sebesar Rp. 3,7 juta.



5. Smartfren Andromax i3s
Inilah smartphone yang bisa dibilang sepadan dengan Redmi 1S karena dijual sama-sama dengan harga 1,5 juta rupiah.


Dari besaran memori internal Andromax i3s hanya setengah dari Redmi 1S yakni hanya 4 GB. Begitu juga dengan kamera yang hanya dibekali 5 megapiksel. Juga walaupun Andromax i3s memiliki bentang layar 5 inch, namun hanya memiliki resolusi yang kecil yakni kualitas qHD (960×540 piksel).


Walaupun Andromax i3s kalah unggul dibandingkan Redmi 1S, sebagai ponsel lokal Andromax i3s tidak bisa dianggap remeh. Karena ponsel ini dipasarkan oleh Smartfren yang memiliki jaringan penjualan yang jauh lebih luas dibandingkan dengan Xiaomi, apalagi soal purna jual.


Dari ulasan diatas, andalah yang memutuskan smartphone mana yang bisa menemani keseharian dan aktifitas anda. Salam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*