RAM DDR5 Akan Segera Rilis

Computer dekstop (PC) keluaran th. 2019 akan 2 x lebih ngebut, bersamaan dengan dirilisnya standard memori DRAM DDR5.

JEDEC, organisasi pembuat standard memori PC, membidik finalisasi design DRAM DDR5 akan usai pada 2018. Design itu direncanakan bakal digunakan vendor-vendor satu tahun lalu atau 2019, sekian diambil KompasTekno dari PC World, Senin (3/4/2017).

DDR5 akan jadi penerus standard memori DDR4, yang sekarang ini banyak digunakan di bebrapa computer personal ataupun server. Kecepatan DDR5 akan 2 x DDR4 serta lebih irit daya.

Diluar itu, memori DDR5 pasti akan mempunyai densitas 2 x lebih padat dari DDR4. DIMM DDR5 akan mempunyai kemampuan 2 x semakin besar daripada DIMM DDR4.

Belum di ketahui pabrikan memori mana yang akan menelurkan DDR5 awal kali. Tetapi seperti DDR4, DDR5 peluang awal kali akan ada untuk kelas server serta PC high-end, baru lalu ke kelas laptop.

Pabrikan motherboard serta chip pasti akan bikin product mereka supaya mensupport memori DDR5. Sistem ini memerlukan saat kian lebih setahun sesudah spesifikasi launching.

Artinya, baru dua th. ke depan memori DDR5 dapat didapati di banyak computer, membuatnya 2 x lebih cepat dari sekarang ini.

Sesaat vendor-vendor tehnologi sekarang ini juga membuat memori baru untuk menyaingi DDR5. Misalnya, Intel akan mulai kirim memori DIMM Optane th. depan yang dijagokan menukar DRAM DDR.

Optane mempunyai kelebihan dapat menaruh data walau computer dimatikan. Kekuatan ini tak dipunyai dalam DRAM DDR.

Keperluan bakal memori DDR5 diperkirakan akan bertambah, sebab bebrapa aplikasi seperti untuk database sekarang ini mulai berpindah ke pemrosesan dalam memori (in-memory processing) yang memerlukan kemampuan besar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*