Setelah 6 Bulan di Orbit, 3 Kru Antariksa Mendarat di Kazakhstan

Satu astronot Amerika Serikat serta dua kosmonot Rusia mendarat di Kazakhstan pada Senin, 10 April 2017, mengakhiri misi nyaris enam bln. di Stasiun Antariksa Internasional.

Siaran NASA TV tunjukkan kapsul Soyuz Rusia, yang meninggalkan stasiun tidak lama sebelumnya jam 04. 00 EDT, menyentuh daratan tenggara Zhezkazgan di Kazakhstan jam 07. 20 EDT.

Duduk didalam kapsul itu Komandan Shane Kimbrough dari Tubuh Aeronautika serta Antariksa Amerika Serikat (NASA) serta kosmonot Sergey Ryzhikov serta Andrey Borisenko dari tubuh antariksa Rusia, Roscosmos.

” Begitu hebat dapat jadi sisi dari suatu hal yang sebesar ini, suatu hal yang semakin besar dari diri kita sendiri… bahkan juga semakin besar dari satu bangsa, ” kata Kimbrough dalam upacara perubahan komando pada Minggu.

” Disini kita dapat berhubungan dengan beberapa hal yang sesungguhnya untungkan untuk semua manusia. Ini sungguh merendahkan hati. “

Tiga anggota kru masihlah di stasiun antariksa, laboratorium penelitian sejumlah 100 miliar dolar AS yang mengambang 400 km. diatas bumi.

Saat ini komando dipegang oleh Peggy Whitson dari NASA, yang pada 24 April bakal memecahkan rekor saat terlama yang di habiskan astronot Amerika Serikat di antariksa dengan saat tinggal 534 hari.

Whitson, veteran dari dua misi terlebih dulu di stasiun itu, adalah perempuan awal yang 2 x mengomandani stasiun antariksa.

Whitson, kosmonot Roscosmos Oleg Novitskiy serta Thomas Pesque dari Prancis bakal menyongsong dua kru baru pada 20 April.

Tubuh antariksa Amerika Serikat serta Rusia minggu lantas setuju perpanjang misi Whitson sepanjang tiga bln..

Whitson bakal kembali pada bumi pada September, mengumpulkan rekor karier di Amerika Serikat dengan 666 hari ada di orbit. Kosmonot Russa Gennady Padalka, yang pernah ada di orbit sepanjang 878 hari, adalah penerbang antariksa paling memiliki pengalaman didunia, sekian menurut Reuters.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*