Soal virus Petya, Menkominfo minta penyedia layanan publik waspada

Umum digemparkan sekali lagi dengan serangan siber semacam WannaCry yaitu Petya. Virus ini bekerja menyandera data dengan menerobos celah keamanan dari system computer. Memanglah sampai sekarang ini serangan Petya tidak beresiko di Indonesia, tetapi antisipasi di rasa harus. Pasalnya, virus ini punya potensi menebar ke beragam negara termasuk juga Indonesia.

Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo), Rudiantara, selalu mewanti-wanti terutama untuk penyedia service umum yang mendukung service mudik lebaran 2017 supaya selalu melindungi kewaspadaan system elektroniknya dari walware. Keinginan juga diperuntukkan ke pengatur bidang serta aktor bidang pada beberapa bidang strategis nasional yang lain.

” Pemberitahuan sudah di keluarkan oleh ID-SIRTII (organisasi yang diampu oleh Kementerian Kominfo yang diantaranya untuk mengatasi insiden seperti serangan siber) pada beberapa partner yang bekerja bersama, seperti penyelenggara layanan akses Internet, Penyelenggara NAP, dan pada Kementerian/Instansi dan aktor service umum di bidang strategis, diantaranya bidang telekomunikasi, bidang keuangan, bidang transportasi serta daya dukung transportasi serta bidang ESDM, ” katanya pada Merdeka. com lewat tayangan pers, Jumat (30/6).

Menkominfo juga berpesan supaya mulai saat ini dikerjakan penelusuran kembali tatakelola manajemen data serta info berkaitan dengan mekanisme recovery dan sehubungan dengan identifikasi, klasifikasi serta otorisasi penggunaan data. Hal seirama juga disebutkan, Wakil ID-SIRTII Bisyron Wahyudi.

Bisyron mengemukakan ID-SIRTII jadi tim perlakuan insiden siber telah lakukan melakukan komunikasi dengan intensif dengan beragam pihak.

” Kami sudah lakukan komunikasi ke pihak-pihak counterpart diluar negeri serta memberi peringatan awal (early warning) pada pihak-pihak berkaitan terlebih pemangku infrastruktur gawat atau objek vital nasional, ” tuturnya.

Mengenai jadi usaha mencegah, Bisyro merekomendasikan pihak pemangku tehnologi lakukan beberapa langkah di bawah ini :

1. Kerjakan Up-date security pada windows dengan install Patch MS17-010 yang di keluarkan oleh Microsoft. Link bisa diliat di https :// technet. microsoft. com/en-us/library/security/ms17-010. aspx. Updating baiknya dikerjakan lewat cara ambil file patch dengan unduh memakai computer umum, bukanlah computer

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*